Rabu, 16 Januari 2013

PLN Sahabat Setia Untuk Kemajuan dan Masa Depan Indonesia Yang Lebih Baik


Pada zaman yang serba modern ini, hampir semua kegiatan manusia berhubungan dengan Listrik. Semua perusahaan elektronik berlomba-lomba untuk meciptakan berbagai macam alat elektronik, mulai dari untuk kebutuhan sehari-hari, kebutuhan kantor, kebutuhan pertanian dan perkebunan, Kebutuhan perikanan, dan lain sebagainya. Alat elektronik kebutuhan sehari-hari contohnya Televisi, Radio, Setrika, Rice cooker, Dispenser, Kulkas, Air Conditioner (AC), Kipas Angin, Oven, mesin cuci, vacum cleaner, water heater dan lain sebagainya.

Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi umat manusia di seluruh dunia. Apa jadinya hidup di dunia ini jika tidak ada listrik, Bisa mati gaya deh. Kok bisa mati gaya? Iya dong, Sekarang semua gadget seperti Handphone, Tablet, Laptop dan lain-lain tidak akan bisa digunakan jika baterainya habis. Nah untuk nge-charge kembali baterainya pasti membutuhkan Listrik. Pertanyaannya, Kalau listrik tidak ada? Ya gitu deh, tidak bisa Online kita nie.

PLN sebagai Badan Usaha Milik Negara yang konsen mengurusi Listrik yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berusaha untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggannya. PLN memiliki peranan yang sangat penting dalam memajukan bangsa Indonesia.  PLN berusaha dengan keras untuk memenuhi kebutuhan dan ketersediaan listrik di seluruh Indonesia. Meskipun masih ada beberapa daerah yang terpencil yang sulit dijangkau belum mendapat aliran listrik tetapi hal inilah yang menyebabkan PLN semakin bersemangat dan tertantang untuk dapat menerangi seluruh pelosok daerah di Indonesia ini tercinta.




PLN sebagai perusahaan yang memiliki Visi, "Diakui sebagai Perusahaan Kelas Dunia yang Bertumbuh kembang, Unggul dan Terpercaya dengan bertumpu pada Potensi Insani" terus berusaha berubah menuju ke arah yang lebih baik demi memuaskan semua pelanggannya. Berikut ini upaya-upaya yang sudah dilakukan PLN:

1.  Pengelolaan dan Pengawasan Arus Pendapatan Secara Terpusat (P2APST),
P2APST merupakan aplikasi yang dimiliki PLN untuk mengelola dan mengawasi arus pendapatan Secara Terpusat. Semua pendapatan PLN dapat dilihat dan dipantau melalui  aplikasi ini.

2. Aplikasi pelayanan pelanggan terpusat (AP2T)
AP2T merupakan Aplikasi untuk melayani pelanggan PLN yang ingin menikmati layanan PLN seperti Permohonan Pasang baru, Permohonan Tambah Daya, Permohonan Turun daya, Migrasi ke Listrik Pintar dan sebagainya. Intinya untuk memudahkan Pelanggan untuk mendapatkan layanan PLN.
Oiya, Sekarang ini PLN juga menyediakan layanan melalui Social Media, untuk di twitter ada @pln_123, di facebook ada PLN 123, dan juga bisa melalui website resmi PLN yakni www.pln.co.id.

3. Aplikasi Pengaduan Keluhan Terpusat (APKT)
APKT merupakan aplikasi yang dimiliki PLN untuk mengelola dan merespon secara cepat pengaduan keluhan pelanggan. Aplikasi ini terhubung ke seluruh unit-unit PLN yang ada di Indonesia. Untuk melaporkan keluhan bisa langsung memfollow twitter @pln_123 atau bisa juga langsung menghubungi call center PLN 123 untuk Jakarta, untuk luar kota jakarta ditambahkan kode area di depannya, contoh: pelanggan di bandung (022) 123.

4. Menyelesaikan Proyek Pembangkit Listrik 10.000 Mega Watt
Untuk meningkatkan jumlah masyarakat yang dapat menikmati listrik, PLN berusaha sekuat tenaga untuk menyelesaikan Proyek Pembangkit Listrik 10.000 Mega Watt yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Selain membangun Proyek pembangkit, PLN juga berusaha untuk memperluas jaringan transmisi dan distribusi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan rasio elektrifikasi. PLN berupaya meningkatkan rasio elektrifikasi dari 75 persen pada tahun 2012 menjadi 77,5 persen tahun 2013. Rasio elektrifikasi pada 2014 ditargetkan bisa mencapai 80 persen.  PLN juga menargetkan bisa menambah 3 juta pelanggan pada 2013.

5. Melakukan pemeliharaan Pembangkitan, dan jaringan Transmisi dan Distribusi
Untuk memastikan aliran listrik sampai kepada pelanggan dengan baik, PLN setiap harinya melaksanakan pemeliharaan baik di pembagkitan maupun di jaringan transimisi dan jaringan distribusi. Pemeliharaan di pembangkitan untuk memastikan mesin dapat beroperasi dengan baik sedangkan pemeliharaan di bagian jaringan transmisi dan distribusi untuk menjaga agar aliran listrik dapat berjalan dengan baik tanpa halangan.


PLN sahabat setia untuk kemajuan bangsa Indonesia. Salah satu motto PLN untuk selalu mengawal masyarakat Indonesia menuju kemajuan bangsa. Hal ini bukan hanya sekedar motto, tetapi memang benar adanya. PLN sebagai satu-satunya Badan Usaha Milik Negara yang menyediakan Layanan Listrik selalu memberikan pasokan listrik yang handal untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang ingin menggunakan Laptop atau Komputernya untuk mengerjakan tugas kantor, tugas kuliah, tugas sekolah dan lain sebagainya. Para pelaku industri yang menggunakan listrik untuk menggerakkan mesin-mesin produksinya, Kantor pemerintahan yang menggunakan Listrik untuk menjalankan roda pemerintahan dan lain sebagainya. Hal ini membuktikan bahwa PLN benar-benar diperlukan oleh pelanggan-pelanggannya guna menjadi sahabat setia untuk Kemajuan dan Masa depan  Bangsa Indonesia yang lebih baik.

Untuk itu, marilah kita dukung seluruh program-program yang dijalankan PLN seperti penggunaan Listrik Pintar Berbayar (LPB) untuk menghemat penggunaan listrik. Untuk pelanggan yang masih menggunakan listrik pasca bayar, mari bersama-sama beralih ke LPB. Hemat listrik Hemat juga bayarnya. Gunakan Listrik Seperlunya, matikan selebihnya.



Listrik Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

giaamiin, semoga terwujud dan lebih baik lagi. penyajian di artikel ini komplit plit euy

Marwaji Doank mengatakan...

terimakasih mas atas komentarnya

Yoke Pandiangan mengatakan...

penjelasan yang singkat namun jelas...