Pada zaman yang serba modern ini, hampir semua kegiatan
manusia berhubungan dengan Listrik. Semua perusahaan elektronik berlomba-lomba
untuk meciptakan berbagai macam alat elektronik, mulai dari untuk kebutuhan
sehari-hari, kebutuhan kantor, kebutuhan pertanian dan perkebunan, Kebutuhan
perikanan, dan lain sebagainya. Alat elektronik kebutuhan sehari-hari contohnya
Televisi, Radio, Setrika, Rice cooker, Dispenser, Kulkas, Air Conditioner (AC),
Kipas Angin, Oven, mesin cuci, vacum cleaner, water heater dan lain sebagainya.
Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi umat manusia di
seluruh dunia. Apa jadinya hidup di dunia ini jika tidak ada listrik, Bisa mati
gaya deh. Kok bisa mati gaya? Iya dong, Sekarang semua gadget seperti
Handphone, Tablet, Laptop dan lain-lain tidak akan bisa digunakan jika
baterainya habis. Nah untuk nge-charge kembali baterainya pasti membutuhkan
Listrik. Pertanyaannya, Kalau listrik tidak ada? Ya gitu deh, tidak bisa Online
kita nie.
PLN sebagai Badan Usaha Milik Negara yang konsen mengurusi
Listrik yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berusaha untuk
selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggannya. PLN memiliki
peranan yang sangat penting dalam memajukan bangsa Indonesia. PLN berusaha dengan keras untuk memenuhi
kebutuhan dan ketersediaan listrik di seluruh Indonesia. Meskipun masih ada
beberapa daerah yang terpencil yang sulit dijangkau belum mendapat aliran
listrik tetapi hal inilah yang menyebabkan PLN semakin bersemangat dan
tertantang untuk dapat menerangi seluruh pelosok daerah di Indonesia ini
tercinta.
1. Pengelolaan dan
Pengawasan Arus Pendapatan Secara Terpusat (P2APST),
P2APST merupakan aplikasi yang dimiliki PLN untuk mengelola
dan mengawasi arus pendapatan Secara Terpusat. Semua pendapatan PLN dapat
dilihat dan dipantau melalui aplikasi
ini.
2. Aplikasi pelayanan pelanggan terpusat (AP2T)
AP2T merupakan Aplikasi untuk melayani pelanggan PLN yang
ingin menikmati layanan PLN seperti Permohonan Pasang baru, Permohonan Tambah
Daya, Permohonan Turun daya, Migrasi ke Listrik Pintar dan sebagainya. Intinya
untuk memudahkan Pelanggan untuk mendapatkan layanan PLN.
Oiya, Sekarang ini PLN juga menyediakan layanan melalui
Social Media, untuk di twitter ada @pln_123, di facebook ada PLN 123, dan juga
bisa melalui website resmi PLN yakni www.pln.co.id.
3. Aplikasi Pengaduan Keluhan Terpusat (APKT)
APKT merupakan aplikasi yang dimiliki PLN untuk mengelola
dan merespon secara cepat pengaduan keluhan pelanggan. Aplikasi ini terhubung
ke seluruh unit-unit PLN yang ada di Indonesia. Untuk melaporkan keluhan bisa
langsung memfollow twitter @pln_123 atau bisa juga langsung menghubungi call
center PLN 123 untuk Jakarta, untuk luar kota jakarta ditambahkan kode area di
depannya, contoh: pelanggan di bandung (022) 123.
4. Menyelesaikan Proyek Pembangkit Listrik 10.000 Mega Watt
Untuk meningkatkan jumlah masyarakat yang dapat menikmati
listrik, PLN berusaha sekuat tenaga untuk menyelesaikan Proyek Pembangkit
Listrik 10.000 Mega Watt yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Selain
membangun Proyek pembangkit, PLN juga berusaha untuk memperluas jaringan
transmisi dan distribusi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan rasio
elektrifikasi. PLN berupaya meningkatkan rasio elektrifikasi dari 75 persen
pada tahun 2012 menjadi 77,5 persen tahun 2013. Rasio elektrifikasi pada 2014
ditargetkan bisa mencapai 80 persen. PLN
juga menargetkan bisa menambah 3 juta pelanggan pada 2013.
5. Melakukan pemeliharaan Pembangkitan, dan jaringan
Transmisi dan Distribusi
Untuk memastikan aliran listrik sampai kepada pelanggan
dengan baik, PLN setiap harinya melaksanakan pemeliharaan baik di pembagkitan
maupun di jaringan transimisi dan jaringan distribusi. Pemeliharaan di
pembangkitan untuk memastikan mesin dapat beroperasi dengan baik sedangkan
pemeliharaan di bagian jaringan transmisi dan distribusi untuk menjaga agar
aliran listrik dapat berjalan dengan baik tanpa halangan.
PLN sahabat setia untuk kemajuan bangsa Indonesia. Salah
satu motto PLN untuk selalu mengawal masyarakat Indonesia menuju kemajuan
bangsa. Hal ini bukan hanya sekedar motto, tetapi memang benar adanya. PLN
sebagai satu-satunya Badan Usaha Milik Negara yang menyediakan Layanan Listrik
selalu memberikan pasokan listrik yang handal untuk memenuhi kebutuhan
pelanggan yang ingin menggunakan Laptop atau Komputernya untuk mengerjakan
tugas kantor, tugas kuliah, tugas sekolah dan lain sebagainya. Para pelaku
industri yang menggunakan listrik untuk menggerakkan mesin-mesin produksinya,
Kantor pemerintahan yang menggunakan Listrik untuk menjalankan roda pemerintahan
dan lain sebagainya. Hal ini membuktikan bahwa PLN benar-benar diperlukan oleh
pelanggan-pelanggannya guna menjadi sahabat setia untuk Kemajuan dan Masa
depan Bangsa Indonesia yang lebih baik.
Untuk itu, marilah kita dukung seluruh program-program yang
dijalankan PLN seperti penggunaan Listrik Pintar Berbayar (LPB) untuk menghemat
penggunaan listrik. Untuk pelanggan yang masih menggunakan listrik pasca bayar,
mari bersama-sama beralih ke LPB. Hemat listrik Hemat juga bayarnya. Gunakan
Listrik Seperlunya, matikan selebihnya.
Listrik Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik.
3 komentar:
giaamiin, semoga terwujud dan lebih baik lagi. penyajian di artikel ini komplit plit euy
terimakasih mas atas komentarnya
penjelasan yang singkat namun jelas...
Posting Komentar