Senin, 24 Desember 2012

Sedikit Cerita Perjalanan Menuju TUMBANG TITI

Sebelum saya datang ke Kalimantan Barat, tidak pernah terdengar atau terbesit kata Tumbang Titi dipikiran saya. Kata Tumbang Titi pertama kali terdengar pada saat saya bergabung ke PT PLN (Persero) dan mendapat penempatan di Rayon Tumbang Titi. Pada saat pertama kali mendengar nama Tumbang Titi, yang terbesit dan terpikirkan dalam pikiran saya adalah sebuah kota kecil yang ada di tengah-tengah pedalaman Kalimantan Barat yang dikelilingi oleh hutan rimba yang masih sangat lebat dan dibatasi oleh sungai-sungai yang besar dan banyak kuburannya.

Yes, ternyata semuanya melebihi dari ekspektasi atau perkiraan saya. Yang saya pikir jalannya bagus seperti di Jakarta, eh ternyata tidak seperti itu, yang ada hanyalah sedikit jalan beraspal mulus. Sisanya hanyalah jalan tanah kuning, jalan tanah merah, jalan tanah berpasir, jalan tanah berlubang-lubang, dan lain-lain. Berikut gambar-gambar jalannya.

Jalan Beraspal


Jalan Kuning


Jalan Berpasir


Jalan Berlubang-lubang


Jembatan Sungai Kepuluk


Oke. itu dia jalan-jalan yang harus kami lalui untuk sampai ke Tumbang Titi. Lama perjalanan dari Kota Ketapang Menuju ke Tumbang Titi normalnya memakan waktu sekitar 3 Jam dengan menggunakan sepeda motor dan kecepatan 70 KM/Jam. Kalau Kecepatannya lebih lambat yah bisa dipastikan memakan waktu yang lebih lama lagi. Perjalanan yang sangat amat mengasyikkan jikalau kita menikmatinya. Hal ini disebabkan sepanjang perjalanan kita disuguhi pemandangan hutan-hutan yang baru tumbuh pohon-pohonnya serta kebun sawit yang menghampar Luas.

Kelelahan dan rasa letih serasa hilang semuanya ketika sampai di Kota Tumbang Titi, Yang walaupun masih jarang penduduknya tetapi serasa disambut dengan sambutan yang luar biasa. Penduduknya sangat ramah dan menyenangkan bagi kaum pendatang. Mereka menyambut dengan tangan terbuka dan juga dengan senyuman yang manis. Berikut Foto-foto Kota Tumbang Titi.


Welcome To Tumbang Titi by YAMAHA


Menuju Kota Tumbang Titi


Suasana Kota Tumbang Titi

Nah itu dia sebagian Kota Tumbang Titi. Di dalam Kota yang tenang dan nyaman serta sedikit masuk ke pedalaman Kalimantan Ternyata ada PLN juga rupanya disanah yakni PT PLN (Persero) Rayon Tumbang Titi. Rayon yang ada di bawah Area Ketapang Wilayah Kalimantan Barat. Di Rayon Tumbang Titi sendri ada 3 Sub Unit:
1. Sub Unit Riam Kota
2. Sub Unit Marau
3. Sub Unit Manis Mata

Serta 2 Pos Jaga Yakni:
1. Pos Jaga Sungai Melayu
2. Pos Jaga Pemahan

Berikut  ini Foto-foto Kantor PT PLN (Persero) Rayon Tumbang Titi.


Papan Nama PLN Rayon Tumbang Titi


Kantor PLN Rayon Tumbang Titi

Oke. Itu sedikit cerita tentang Perjalanan Ke Tumbang Titi dan ternyata disana ada juga Lho PLN yang siap untuk melayani dan melistriki selurruh daerah yang ada di Tumbang Titi dan sekitarnya. PLN untuk kehidupan yang lebih baik serta PLN sahabat setia untuk Kemajuan. Walaupun kami di pedalaman, tetapi tetap tidak boleh kalah dari PLN lain yang ada di Perkotaan. Maju Terus PLN Tumbang Titi. Bersama, Kita Insya Allah Pasti BISA !!!

PLN TUMBANG TITI
"Bekerja Ikhlas, Melayani Dengan SIGAP"

7 komentar:

goudotmobi mengatakan...

Tulisan yang dibuat mencerminkan keinginan kuat dari penulis untuk berbagi informasi seputar perusahaan tempatnya bekerja ke publik.

Cerita yang disampaikan cukup detil dan selalu dilengkapi dengan beberapa foto.

Lanjut...

SANDU INSTITUT:Mitra dan Sumber Penerangan untuk Keberdayaan(Partner and Information Source for Empowerment) mengatakan...

menarik ceritanya....mampir ke kampung maya kami.

Yustine mengatakan...

Wah, iseng-iseng googling jalan Tumbang Titi ketemu blog ini. Salam kenal, saya dulu tinggal di depan PLN Teluk Mentawa, belasan tahun lalu terbiasa dengan berisiknya mesin PLN hahahahaa... Sekarang orangtua masih tinggal disitu, Pak Kastubi, pasti kenal. Apa kabarnya Bang Andi, trus siape lagi ye karyawan PLN... Pengen mudik jadinya -___-
:)

Jaring Amal mengatakan...

Cerita yg penuh kenangan, saya kecil besar di Ketapang, di Desa Danau Sengkarak/Batu Tajam Kecamatan Tumbang Titi Kabupaten Ketapang

Arif mengatakan...

Tahun 2005 saya sekolah di SMP Negeri 1 Tumbang titi, kangen rasanya suasana tumbang titi. Kalau ada waktu, boleh lah minta foto suasana tumbang titi lebih banyak lagi. Terima kasih.

Unknown mengatakan...

saya sangat bangga terhadap kota kecil kami, semoga beberapa tahun ke depan menjadi kota besar nan maju..saya juga mengucapkan terimakasih atas postingan blog ini yang bersedia mempublikasikan kota kecil kami TUMBANG TITI....

Unknown mengatakan...

terimakasih thor ... sudah bersedia mempublikasikan tentang desa kami, sekalian tulisan ini sangat membantu tugas saya .salam hangat