Listrik Pintar, mungkin masih banyak pelanggan atau masyarakat apa sih Listrik Pintar itu. Nah, saya akan coba uraikan sedikit tentang Listrik Pintar. Apa yang pertama kali terlintas dalam pemikiran anda ketika
mendengar kata “Pintar”? Orang yang cerdas? kemampuan berpikir yang bagus?
sifat yang positif? dan jika kita asosiasikan dengan sebuah barang seperti
sebuah handphone misalnya atau yang umum dikenal dengan istilah “smart phone”
seperti BlackBerry, iPhone, handphone Android dll maka sebuah barang yang
pintar juga dapat melakukan sesuatu yang lebih banyak, lebih baik, lebih modern
dan lebih memberikan kehidupan dan manfaat kepada kita semua. Benar bukan?
Hal-hal itu lah yang menginspirasi PLN untuk melakukan
sebuah branding ulang (re-branding) salah satu produknya yang bernama Listrik
Prabayar menjadi Listrik Pintar. Seperti apa sih Listrik Pintar ini??
Selama ini pelanggan PLN mendapat layanan listrik paskabayar,
yaitu Pelanggan menggunakan energi listrik dulu dan membayar belakangan, pada
bulan berikutnya. Setiap bulan PLN harus mencatat meter, menghitung dan
menerbitkan rekening yang harus dibayar Pelanggan, melakukan penagihan kepada
Pelanggan yang terlambat atau tidak membayar, dan memutus aliran listrik jika
konsumen terlambat atau tidak membayar rekaning listrik setelah waktu tertentu.
Mekanisme tersebut di atas tidak dilaksanakan pada sistem
listrik pintar (prabayar). Pada sistem listrik pintar, pelanggan mengeluarkan
uang/biaya lebih dulu untuk membeli energi listrik yang akan dikonsumsinya.
Besar energi listrik yang telah dibeli oleh pelanggan dimasukkan ke dalam Meter
Pintar Berbayar (MPB) yang terpasang dilokasi Pelanggan melalui sistem ‘token’ (pulsa)
atau stroom.
MPB menyediakan informasi jumlah energi listrik (kWh) yang
masih bisa dikonsumsi. Persediaan kWh tersebut bisa ditambah berapa saja dan
kapan saja sesuai kebutuhan dan keinginan Pelanggan. Dengan demikian, Pelanggan
bisa lebih mudah mengoptimalkan konsumsi listrik dengan mengatur sendiri jadwal
dan jumlah pembelian listrik. Dengan menggunakan Listrik Pintar, pelanggan
tidak perlu berurusan dengan pencatatan meter yang biasanya dilakukan setiap
bulan, dan tidak perlu terikat dengan jadual pembayaran listrik bulanan.
Berikut salah satu contoh MPB:
KEUNTUNGAN LISTRIK PINTAR
1.Pelanggan lebih mudah mengendalikan pemakaian listrik.
Melalui meter elektronik prabayar pelanggan dapat memantau
pemakaian listrik sehari-hari dan setiap saat. Di meter tersebut tertera angka
sisa pemakaian kWh terakhir. Bila dirasa boros, pelanggan dapat mengerem
pemakaian listriknya.
2.Pemakaian listrik dapat disesuaikan dengan anggaran belanja.
Dengan nilai Pulsa Listrik (voucher) bervariasi mulai Rp
20.000,0 s.d. Rp 1.000.000,- memberikan keleluasaan bagi pelanggan dalam
membeli listrik sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan (lebih terkontrol dalam
mengatur anggaran belanja keluarga).
3.Tidak akan terkena biaya keterlambatan
Tidak ada lagi biaya tambahan bayar listrik dikarenakan
terbebani biaya keterlambatan akibat lupa bayar tagihan listrik.
4.Privasi lebih terjaga
Untuk pelanggan yang menginginkan kenyamanan lebih, dengan
menggunakan Listrik Pintar tidak perlu menunggu dan membukakan pintu untuk
petugas pencatatan meter karena meter prabayar secara otomatis mencatat
pemakaian listrik anda (akurat dan tidak ada kesalahan pencatatan meter).
5.Jaringan luas pembelian listrik isi ulang
Saat ini pembelian Pulsa Listrik (voucher) Pintar sudah bisa
didapatkan di lebih dari 30.000 ATM di seluruh Indonesia. Selain itu bisa juga
didapatkan di loket pembayaran listrik online.
6.Tepat digunakan bagi Anda yang memiliki usaha rumah
kontrakan atau kamar sewa (kos).
Sebagai pemilik rumah atau kamar sewa, Anda tidak perlu
khawatir lagi dengan tagihan listrik yang tidak dibayar oleh penghuni rumah
kontrakan karena pemakaian listrik sudah menjadi tanggung jawab dan sudah disesuaikan
dengan kebutuhan penyewa.
Nah, kalau kita perhatikan keuntungan-keuntungan di atas sangat sayang sekali kalau kita tidak cepat-cepat untuk mengganti kwh lama kita yang masih memakai sistem paska bayar. Lebih Hemat karena kita sendiri yang akan mengatur berapa banyak pemakaian Listriknya. Hemat dan tidak repot.
untuk informasi lebih lanjut:
bisa langsung ke call center pln: 123
twitter: @pln_123
fanspage facebook PLN 123
website: www.pln.co.id
sumber:
3 komentar:
Semoga listrik pintar segera tersosialisasi ke seluruh lapisan masyarakat dan seluruh wilayah dengan baik ya, Pak. Semangat untuk bekerja, bekerja, bekerja!
amin, mohon doa dan dukungannya ya bu. Semoga seluruh masyarakat dapat menerima Listrik Pintar ini.
Sudah merasakan manfaat dan puas dengan layanan 'Listrik Pintar' sebagaimana yang ditulis di item #1 s/d #5. #BukanKomenBerbayar :D
Berharap manfaat dan kepuasan serupa bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia, terutama Kawasan Timur.
Posting Komentar