Selasa, 01 Januari 2013

Penyebab Listrik PADAM

Pernahkah anda merasakan listrik di rumah anda padam? mungkin hampir setiap orang pernah merasakan listrik di rumahnya padam. Listrik padam bisa disebabkan oleh jaringan  listrik dari PLN yang bermasalah ataupun disebabkan oleh pemakaian yang bermasalah oleh pelanggan. Dan pemakaian yang bermasalah oleh pelanggan biasanya hanya pada bagian rumah pelanggan tersebut yang mengalami padam listrik, hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal Diantaranya:


1. Pemakaian  dengan daya yang berlebihan dari pada daya yang disediakan oleh PLN.
Pemakain yang melebihi daya akan menyebabkan MCB PLN bergerak pada posisi OFF karena meteran listrik PLN sudah diseting dengan daya yang dinginkan pelanggan, Jika daya yang dipakai melebihi kapasitas maka listrik akan padam karena MCB bergerak ke posisi OFF.

2. Adanya hubungan arus pendek (Konslet)
Hubungan arus pendek (konslet) bisa menyebabkan sekering pengaman Putus, sehingga listrik akan Padam. Hal ini memang di disain oleh PLN, jika suatu saat terjadi konslet, maka sekering akan terputus sehingga menghindari terjadinya kebakaran karena hubungan arus pendek.

3. Adanya rangkai sambungan kabel yang terputus.
Rangkai kabel yang terputus biasanya disebabkan oleh hewan pengerat seperti Tikus, Namun kejadian ini biasanya hanya menyebabkan beberapa bagian dari rumah yang aliran listriknya padam.

Dari uraian diatas kita bisa mengetahui penyebab listrik padam pada rumah Anda, Hal ini bertujuan agar kita bisa mencari solusi jika suatu saat terjadi listrik padam di rumah Anda !!! Anda bisa memperbaikinya sendiri. Apabila anda sudah berusaha memperbaiki namun tidak bisa, lebih baik Anda menelpon Petugas dari PLN.

Selanjutnya beberapa penyebab Listrik padam di antaranya adalah :

1. Masalah Pembangkitan
PLTA kering, sedimentasi, & rusaknya DAS hulu sungai, perawatan mesin-mesin, BBM sulit & mahal, Energi Primer lain yang terbatas, dll.

2. Masalah Transmisi & Distribusi
Kabel putus, dicuri, tiang tumbang, hujan, tersentuh ranting pohon, petir, layangan, hewan (kelelawar), dll

3.Masalah Penggunaan
Konsumsi listrik masyarakat melebihi daya mampu pembangkit,  terjadinya pencurian, dll.

Dilema Padam Listrik

Yang perlu diketahui bahwa insan PLN (operator sekaligus juga pelanggan) tidak menghendaki terjadinya padam listrik.

Insan PLN tidak saja terganggu sebagaimana perasaan pelanggan lainnya tetapi lebih dari itu juga menjadi beban moral yang berat.



Oleh karena itu, PLN selalu berusaha semaksimal mungkin menjaga agar aliran listrik menuju ke rumah para pelanggan-pelanggannya tetap menyala dan tidak padam. Apalagi untuk pelanggan yang memiliki fungsi strategis seperti bandara. PLN akan berusaha menjaga agar pasokan listrik ke bandara Handal. Sepertinya yang kita ketahui pada saat radar di bandara Soekarno Hatta  dan di Bandara Adi Sucipto mati, itu bukan salah PLN. Radar di bandara soekarno hatta mati disebabkan terbakarnya UPS di bandara itu, sedangkan di Bandara Adisucipto radar bandara mati karena trip (kedip) di Instalasi listrik yang ada di bandara tersebut. 


Sumber:
plnsulserabar
http://erinyanto.blogspot.com
http://news.detik.com
http://finance.detik.com


3 komentar:

Unknown mengatakan...

weisss, mantab gan singkat jelas padat

Marwaji Doank mengatakan...

oke masbro. terimakasih. gmana kabarnya maumere?

Unknown mengatakan...

Kalau masalah di Pembangkitan itu difocuskan pada overhaul. pelaksanaan overhaul yang baik dan tepat waktu memastikan bahwa mesin dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama dengan kondisi yg lebih baik. Overhaul untuk 1 unit mesin tentunya membutuhkan waktu dan mesin tentu harus dimatikan, kendalanya adalah kondisi sering sekali tidak memungkinkan untuk menghentikan operasi karena listrik harus tetap diproduksikan, hasilnya adalah overhaul yang terlambat sehingga kerusakan mesin pun bisa menjadi lebih besar.